HOME Survival di bekas aliran lahar dingin gunung kelud ~ MTs Bahrul Ulum Genukwatu

About

Monday, January 26, 2015

Survival di bekas aliran lahar dingin gunung kelud


Jum’at, 23 Januari 2014 merupakan hari yang bersejarah bagi anggota Pramuka Bahrul Ulum Genukwatu (Prabu), pasalnya di hari itu kegiatan survival dilaksanakan.

Survival sendiri adalah suatu kondisi yang tidak menentu yang dihadapi oleh seorang atau sekelompok orang pada suatu daerah yang asing dan terisolir bagi orang/kelompok yang sedang mengalaminya.

 Menurut kak irwan Pembina dalam kegiatan ini, survival penting diajarkan agar anggota pramuka siap dalam kondisi yang tidak menentu di alam bebas “paling tidak ia telah mempunyai gambaran serta tindakan apa saja yang harus dilakukannya.” Ujarnya.

Kegiatan yang diikuti oleh 35 anggota prabu tersebut dimulai pukul 07.30 wib di Madrasah dan langsung berjalan kaki menuju lokasi aliran lahar dingin gunung kelud yang berjarak kurang lebih 5 km dari madrasah.
Ditengah perjalanan para anggota prabu diberi bekal tentang bagaimana cara membuat bivak serta cara mencari air didalam hutan oleh kakak Pembina yang langsung dipraktekkan oleh anggota prabu.

Meski sempat tergigit  dan bahkan sampai terkena pisau anggota prabu merasa sangat senang dengan diadakannya kegiatan survival ini karena mereka mendapatkan pengalaman lebih yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya di alam bebas.

Kegiatan berakhir dengan upacara serta siraman kepada seluruh anggota prabu yang menandakan bahwa anggota Prabu sudah siap ketika menghadapi kondisi yang tidak menentu dialam bebas.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment