HOME Haru! Ratusan siswa menangis saat mendengar pidato Bung Tomo ~ MTs Bahrul Ulum Genukwatu

About

Thursday, November 10, 2016

Haru! Ratusan siswa menangis saat mendengar pidato Bung Tomo



Peringatan hari pahlawan 10 November 2016 mulai tersasa diberbagai tempat, salah satunya di MTs. Bahrul Ulum genukwatu. Kegiatan yang biasanya diisi doa pagi kini digunakan untuk upacara peringatan hari pahlawan. Ratusan siswa terlihat mengikuti kegiatan tersebut dengan hikmat.

Seperti biasanya, upacara tersebut diawali dengan laporan pemimpin pasukan kepada pimpinan upacara yang dilanjutkan dengan pengambil alihan pasukan oleh pemimpin upacara, namun yang membedakan dengan upacara lain yaitu adanya acara mendengarkan pidato bung Tomo saat perang 10 November di kota surabaya.

Dalam pidatonya bung Tomo menyerukan kepada seluruh pemuda untuk terus berjuang hingga titik darah penghabisan  dalam mempertahankan kota surabaya.

Keheningan pun sontak  terjadi ketika peserta upacara mendengarkan bung tomo mengakhiri pidatonya dengan  membaca takbir  yang menggetarkan jiwa para peserta upacara. Tanpa disadari tetesan air mata para peserta upacara mulai berjatuhan.

Banyak makna yang terkandung dalam tangisan tersebut, mungkin mereka haru melihat kegigihan para pahlawan saat mempertahankan kemerdekaan, mungkin juga mereka malu karena belum mengisi kemerdekaan tersebut sesuai dengan cita cita para pahlawan”. Ujar pak irwan salah seorang guru di MTs. Bahrul Ulum Genukwatu.


Terlepas dari makna tangisan tersebut hendaknya para siswa mampu memaknai perjuangan pahlawan dengan menjadi pelajar yang baik dan berprestasi. irw

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment