HOME Bioetanol dari singkong ~ MTs Bahrul Ulum Genukwatu

About

Saturday, April 27, 2013

Bioetanol dari singkong


Bioetanol dari singkong


Setelah sukses dengan pewarna alami dari daun pisang dan juga kompor alternative dari kaleng bekasnya,  MTs. Bahrul Ulum Genukwatu terus meningkatkan kreatifitas siswanya melalui program KIR (karya Ilmiyah Remaja).

Kali ini MTs. Bahrul Ulum Genukwatu muncul dengan pengembangan bahan bakar  dari singkong yang kemudian difermentasi menjadi etanol. Etanol sendiri adalah cairan tak berwarna yang mudah menguap dengan aroma yang khas. Ia terbakar tanpa asap dengan lidah api berwarna biru yang kadang-kadang tidak dapat terlihat pada cahaya biasa.

Ide ini muncul dari pengembangan pembuatan kompor alternative dari keleng bekas yang membutuhkan bahan bakar spirtus. Agar benar benar ramah lingkungan bahan bakar spirtus harus diganti dengan bahan bakar dari alam sehingga dibuatlah bioethanol dari singkong dimana singkong sendiri sangat mudah didapat di wilayah MTs. Bahrul Ulum Genukwatu dengan harga yang sangat murah.

Adalah  Ahmad Sauqi 1a, Wahyu 1b, dan wafi 2a siswa yang berhasil mengembangkan pembuatan etanol tersebut. Awalnya mereka ragu apakah bisa mengembangkannya atau tidak, didukung dengan  fasilitas laboratorium IPA dan laboratorium computer yang ada di MTs. Bahrul Ulum Genukwatu dan juga motivasi  dari guru pembimbing akhirnya merekapun dapat membuktikannya. Mereka mengaku sangat senang dan bangga atas keberhasilan yang telah dicapai

Mereka berharap dapat membatu pemerintah dalam mencari solusi kelangkaan BBM yang sedang marak terjadi di jombang.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment