HOME Manfaatkan internet madrasah untuk pertanian ~ MTs Bahrul Ulum Genukwatu

About

Wednesday, April 8, 2015

Manfaatkan internet madrasah untuk pertanian


pak yusuf (tukang kebun) mts bahrul ulum Genukwatu
sedang memanfaatkan layanan internet madrasah untuk pertanian
Genukwatu, -. Pak Yusuf (Petugas kebersihan) MTs. Bahrul Ulum Genukwatu mencoba memanfaatkan internet untuk mencari informasi cara menanam dengan system holti, awalnya dia ragu apakah di internet ada yang membahas tentang pertanian.
Dimodali dengan keinginan yang kuat untuk bertani dengan baik, pak yusuf memberanikan diri untuk bertanya pada salah satu staff TU bagaimana cara membuka internet. Dengan rasa senang hati pak irwan (Staff) membantunya untuk mengajari bagaimana cara membuka dan mencari informasi di internet.

Menurut pak yusuf internet sangat membantu dirinya untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang pertanian, pasalnya banyak petani desa yang menggunakan pupuk secara berlebihan untuk mendapatkan tanaman yang sehat. padahal cara tersebut dapat menyebabkan penyakit pada tumbuhan yang ditanam
Pak yusuf mengibaratkan pada sebuah tanaman Lombok yang hidup secara alami tanpa pupuk kimia mempunyai umur yang lebih panjang ketimbang Lombok yang ditaman dan dikasih pupuk kimia, buahnya pun lebih banyak. Begitu juga ayam ternak dan ayam kampung.
Dari informasi yang didapatkan pak yusuf lewat kelompok tani dan juga internet, pupuk yang baik adalah pupuk organic yang sudah terurai dengan tanah karena unsur haranya mudah terserap tanah. Tetapi yang terjadi di masyarakat banyak sekali petani yang menggunakan pupuk kandang yang masih baru padahal itu dapat membawa penyakit seperti daun menjadi “puret” dll.

Untuk itu petani seperti pak yusuf ini membutuhkan informasi yang lengkap tentang tatacara pertanian sehingga dapat mengoptimalkan hasih dari pertanian yang menghidupi keluarganya. 

Harapan pak yusuf sebagai orang yang tertinggal oleh dunia tekhnologi, dengan adanya internet para petani dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang  pertanian./ir.one@mtsbug

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment