HOME Ngaji kitab di bulan Ramadhan ~ MTs Bahrul Ulum Genukwatu

About

Monday, August 13, 2012

Ngaji kitab di bulan Ramadhan


serasa sudah trasidi ngaji kitab bersama di MTs. Bahrul Ulum Genukwatu selama bulan ramadhan mulai dari kelas satu sampai kelas 3 sebelum pelajaran sekolah dimulai.

Siswi MTs. Bahrul Ulum Genukwatu yang sedang memaknai kitab kuning
Ngaji kitab kuning merupakan ciri khas MTs. Bahrul Ulum Genukwatu baik dalam keseharian maupun dalam kegiatan-kegiatan seperti bulan ramadhan dan lain lain.

Dalam setiap ngaji kitab yang dilakukan saat bulan ramadhan, peserta didik bebas mencari tempat sesuai dengan keinginannya baik diluar kelas maupun ditaman-taman madrasah sehingga peserta didik dapat merasa nyaman saat memaknai kitab kuning yang dibacakan melalui pengeras suara di MTs. Bahrul Ulum Genukwatu..

Untuk tahun ini kitab yang di kaji adalah mabadil fiqih. Kitab ini membahas tentang macam-macam air yang dapat dan tidak digunakan untuk bersuci hingga tatacara sholat dan lain lain. Harapannya agar semua peserta didik di MTs. Bahrul Ulum Genukwatu Mengerti tentang tatacara ibadah.
Selain itu ngaji kitab kuning bertujuan untuk membiasakan peserta didik yang menuntut ilmu di MTs., Bahrul Ulum Genukwatu ini agar dapat menulis dengan huruf “pego” (tulisan memakai huruf arab)

Ngaji kitab kuning ini dilakukan mulai awal masuk di bulan ramadhan hingga menjelang liburan hari raya, yang kemudian pada pertemuan terakhir diakhiri dengan pelaksanaan zakat fitrah.

Bulan ramadhan kali ini bertepatan dengan awal masuk siswa-siswi kelas VII MTs. Bahrul Ulum Genukwatu. Banyak dari siswa-siswi kelas VII yang belum bisa memaknai kitab yang dikaji dikarenakan mereka belum pernah sebelumnya menulis dengan huruf pego.

Hal tersebut tidak menyurutkan minat siswa-siswi dalam mengkaji kitab kuning sehingga banyak siswa siswi kelas satu yang memaknai dengan bahasa Indonesia.

Semoga cepet bisa za adek2 kelas VII, semoga bermanfaat. pasti kalian bangga kalo sudah terjun dimasyarakat nanti. Amiin.. ir.one@mtsbug

Comments
2 Comments

2 comments:

Post a Comment